Senin, 15 Februari 2016

Microsoft Word 2010



MAKALAH
SOFTWARE PENGOLAH TEKS
(Microsoft Word 2010)
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah “Desain Grafis dan Animasi”
Yang dibimbing oleh Ibu “Rachmawati M.Pd”




 



 


                                                        Oleh







Nama
:

Npm
:

Jurusan/Kelas
:
Matematika 2012 A
Mata Kuliah
:
Desain Grafis dan Animasi








JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU EKSAKTA DAN KEOLAHRAGAAN
OKTOBER 2014



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayahNya kepada kami.sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Software Pengolah Teks (Microsoft Word 2010)” tepat pada waktunya.
Dalam penyelesaian makalah ini, tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Ibu Rachmawati M.Pd. Selaku asisten dosen pembimbing yang telah membimbing dengan penuh ketelitian dan kesabaran.
2.      Kedua orang tua saya yang telah mendidik dan memberikan doa restu.
3.      Teman-teman saya terutama kelas Matematika A.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu,saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pemerhati pendidikan pada umunya serta merupakan sebuah wujud pengabdian kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

















Malang, Oktober 2014


Penyusun




BAB I
PENDAHULUAN




A.    Latar Balakang
 Dirilis pada tahun 2009, Microsoft Word 2010 hadir dengan berbagai upgrade, seperti efek teks, kemampuan kolaborasi dan alat navigasi ditingkatkan. Word 2010 memungkinkan pengguna untuk membuat eye-catching konten teks melalui beberapa efek, termasuk gradien mengisi dan refleksi. Perangkat lunak ini adalah adalah perangkat lunak pertama yang memungkinkan pengguna untuk secara bersamaan mengakses, menulis dan mengedit dokumen yang sama dari berbagai lokasi. Word 2010 juga memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menelusuri isi dokumen itu dari satu jendela search, menghemat waktu dan usaha karena harus menyaring konten yang luas untuk mencari informasi yang diinginkan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari Microsoft Word 2010?
2.      Backstage View dan fungsi menu-menunya!
3.      Bagaimana cara membuat dokumen sederhana?

C.    Tujuan
1.      Agar pembaca dapat memahami pengertian dari Microsoft Word 2010.
2.      Agar pembaca dapat mengetahui fungsi menu-menu yang terdapat pada Backstage View Microsoft Word 2010.
3.      Dapat membuat dokumen sederhana.
4.      Untuk memenuhi tugas dari salah satu mata kulia Desain Grafis dan Animasi.















BAB II
PEMBAHASAN




A.    Pengertian
 Microsoft Word 2010 merupakan prongram pengolah kata yang beroperasi pada lingkungan windows. Program ini disajikan bersama-sama dengan Microsoft Exsel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Access, dan program lainnya yang terangkum menjadi satu paket, yaitu Microsoft Office 2010. Microsoft Office 2010 menawarkan berbagai fitur tambahan dan sedikit perombakan antarmuka dari versi sebelumnya, Microsoft Word 2007. Dengan menggunakan Microsoft Word 2010, kita dapat dengan mudah membuat dan mengelola  berbagai dokumen bisnis, publishing dan web dengan tampilan yang User Friendly.

B.     Backstage View
 Pada saat kita membuka Microsoft Word 2010, tampilan pertama yang peling membedakan dengan Microsoft Word 2007 adalah tab menu File. Secara default, tab menu File Microsoft Word 2010 berwarna biru.
Tab menu File berisi berbagai berbagai menu yang lebih kompleks dengan tampilan berbeda  dan dikenal dengan istilah Backstage View. Untuk membuka Backstage View, kita dapat mengklik tab menu File.

Fungsi menu-menu yang terdapat pada Backstage View adalah sebagai berikut:
Ø  Save, berfungsi untuk menyimpan dokumen.
Ø  Save As, berfungsi untuk menyimpan dokumen dengan nama, tempat penyimpanan, atau format yang berbeda.
Ø  Open, berfungsi untuk membuka dokumen.
Ø  Close, berfungsi untuk menutup dokumen.
Ø  Info, berisi berbagai pengaturan informasi dokumen.
Ø  Recent, berisi daftar dokumen yang pernah dibuka.
Ø  New, berfungsi untuk membuat dokumen baru dengan memilih salah satu tempelate yang tersedia.
Ø  Print, berfungsi untuk mencetak dokumen.
Ø  Save & Send, berfungsi untuk mengubah dan menyimpan dokumendengan memilih tipe file yang tersedia. Menu ini juga berfungsi untuk mengirin dokumen ke email, web, blog, dan tukar menukar file dengan jaringan (sharepoint).
Ø  Help, berfungsi sebagai tutorial cara pengoperasian Microsoft Word 2010.
Ø  Options, berfungsi untuk mengatur aksesbilitas dan tampilan dokumen.
Ø  Exit, berfungsi untuk keluar dari  dokumen.

C.    Membuat Dokumen Sederhana
 Setelah kita mengetahui dan memahami antarmuka Microsoft Word 2010, selanjutnya akan dijelaskan langkah-langkah untuk mulai membuat dokumen sederhana. Sesi ini merupakan panduan untuk mulai menggunakan operasi dasar pada Microsoft Word 2010.

1.      Membuat dokumen baru
 Secara default, setiap kali kita membuka aplikasi Microsoft Word 2010 maka satu dokumen baru akan terbentuk secara otomatis. Jika kita ingin membuat dokumen baru lagi melalui dokumen word yang sudah ada (sudah dibuka), ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Kita cukup menggunakan salah satu cara yang menurut kita paling praktis, cepat dan mudah diingat. Berikut adalah beberapa pilihan cara untuk membuat dokumen baru:
Ø  Cara pertama, klik tab File > New, kemudian klik tombol Create maka akan muncul dokumen baru.
Ø  Cara kedua, gunakan shortcut dengan menekan tombol Ctrl+N pada keyboard.

2.      Mengatur ukuran, margin, dan orientasi kertas
 Pada dokumen baru yang telah dibuat, kita bisa menentukan ukuran kertas terlebih dahulu dengan cara mengklik tab Page Layout. Berikutnya pada group Page Setup, klik Size. Pilih salah satu opsi dengan mengkliknya, dalam contoh dipilih ukuran kertas A4 210 x 297 mm.
Jika ukuran kertas yang diinginkan tidak ada dalam daftar pilihan menu pada drop-down Size, kita bisa menentukan ukuran kertas sendiri dengan mengklik More Paper Sizes yang terletak paling bawah dari menu drop-down Size maka akan muncul kotak dialog Page Setup.
Kita dapat menentukan ukuran kertas pada kolom Paper Size dengan mengetikkan ukuran lebar kertas atau mengklik tombol mata anak panah pada Width dan tinggi kertas pada Height, kemudian klik tombol OK untuk menerapkannya.
Untuk mengatur Margin kertas, klik tab  Page Layout. Berikutnya pada group Page Setup, klik tombol Marigin maka akn muncul drop-down. Pilih salah satu opsi pada menu drop-down Margin tersebut sebagai contoh opsi Normal.
Kita bisa menentukan margin sendiri dengan mengklik pilihan menu Margins yang akan memunculkan kotak dialog Page Setup .pada kolom Margin terdapat beberapa pengaturan sebagai berikut:
Ø  Top, berfungsi mengatur jarak batas atas pengetikan.
Ø  Bottom, berfungsi mengatur jarak batas bawah pengetikan.
Ø  Left, berfungsi mengatur jarak batas kiri pengetikan.
Ø  Right, berfungsi mengatur jarak batas kanan pengetikan.
Ø  Gutter, berfungsi mengatur jarak batas untuk ruang penjilidan dokumen.
Ø  Gutter Position, berfungsi mengatur letak penempatan Gutter.
Pada kotak dialog Page Setup tab Margin terdapat kolom Orientation yang berfungsi untuk menentukan posisi kertas. Berikut adalah penjelasan singkat pilihan pengaturan yang ada pada kolom Orientation:
Ø  Portrait, berfungsi untuk mengatur kertas dalam possisi vertical
Ø  Landscape, berfungsi untuk mengatur kertas dalam posisi horizontal.
Selain denga cara diatas, kita dapat mengatur posisi kertas dengan mengklik Page Layout. berikutnya pada group Page setup, klik command button orientation. Klik salah satu opsi, misalnya Landscape. Secara default,  posisi kertas pada pilihan portrait.

3.      Menentukan jenis dan ukuran huruf
 Secara default, Microsoft word 2010 menggunakan jenis huruf Calibri dengan ukuran huruf 11. Langkah-langkah untuk mengubah jenis dan ukuran huruf adalah sebagai berikut:
a.       Untuk mengubah semua jenis huruf pada naskah, blok semua naskah dengan menekan tombol Ctrl+A pada keyboard.
b.      Klik tab Home kemudian pada group  Font klik Font Times New Rom di bagian segitiganya akan muncul menu drop-down. Dalam contoh kali ini klik opsi Times New Roman.
c.       Untuk mengubah ukuran font, pastikan seluruh naskah tetap terblok. Klik segitiga Font Size pada group Font maka akan muncul menu drop-down Font Size. Selanjutnya, klik salah satu pilihan, misalnya 12.
d.      Untuk menambahkan ukuran huruf pada judul, blok judul naskah, kemudian klik Font Soze. Pada menu drop-down Font Size, klik 16.

4.      Membuat tebal, miring, dan garis bawah huruf
 Untuk membuat tebal, miring, dan garis bawah huruf, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Untuk mempertebal dan memberi garis bawah judul, blok terlebih dahulu judul naskah. Klik tab Home, kemudian pada group Font klik Bold (Ctrl+B) dan klik segitiga Underline, kemuidian pilih garis Underline pada menu drop-down.
b.      Selanjutnya, kita bisa miringkan huruf pada kata “online”, tekan tombol  Ctrl pada keyboard (jangan dilepas). Berikutnya blok kata “browser”, kemudian lepaskan tombol Ctrl pada keyboard. Hasilnya kedua kata tersebut akan terblok.
c.       Selanjutnya klik Italic (Ctrl+I) pada group Font. Untuk menghilangkan blok, klik disembarang tempat pada work space.

5.      Menentukan warna teks
Untuk mengubah warna pada teks, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Blok teks yang akan di ubah warnanya. Dalam contoh kali ini, blok judul teks pada naskah.
b.      Klik tab  Home. Berikutnya pada group Font klik segitiga Font Color  akan muncul menu drop-down. Pilih  Dark Blue, Teks 2.
 Untuk memilih warna lain selain warna yang tersedia pada menu drop-down, klik More Colors. Untuk memilih warna gradient, pilih Gradient, kemudian pilih salah satu opsi yang tersedia. Untuk mengatur warna Gradient lebih lanjut, klik More Gradient.

6.      Menentukan warna Background teks
Untuk menentukan warna background teks, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
a.       Blok teks yang akan diberi Backround teks. Dalam contoh kali ini blok judul teks pada naskah.
b.      Klik tab Home. Berikutnya pada group Font, klik segitiga Teks Highlight

7.      Mengatur format paragraph
 Agar susunan naskah terlihat menarik, rapi, dan professional, kita dapat menggunakan Command Button pada group Paragraph yang ada pada tab  Home. Dengan menggunakan command Button pada group paragraph, kita dapat melakukan perataan paragraph, mengatur spasi, menyisipkan bullet, dan penomoran,mengatur indentasi, member warna backround paragraph, member border paragraph, dan masih banyak lagi.

8.         Mengatur perataan kertas
Untuk mengatur perataan paragraph, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.      Copy paragraph pada naskah sebanayk 3 kali sehingga menjadi 4 paragraf.
2.      Klik di bagian judul, kemudian klik tab Homagraf Pada group paragraph, klik center, lakukan langkah-langkah tersebut dengan perintah peratan paragraph yang berbeda, misalnya paragraph pertama: Left, paragraph kedua: center, paragraph ke tiga: Right, dan paragraph ke empat: Justify.  

Menentukan spasi paragrapf
Untuk menentukan spasi paragraph, ikuti langkah-langkah berikut:
1.      Klik bagian paragrf yang akan di atur spasinya. Dalam contoh kali ini, klik paragraph pertama.
2.      Klik tab Home. Berikutnya pada group Paragraph, klik Line and paragraph spacing maka akan muncul menu drop-down pilih 2,0.
Menyimpan dokumen
Kita dapat menyimpan dokumen di awal, tengah, atau setelah selesai mengetikkan dokumen tersebut. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:
1.      Klik tab File>save atau save as. Selain itu bisa juga dilakukan dengan klik ikon Save pada Quick Access Toolbar atau tekan tombol ctrl+s pada keyboard maka maka akan muncul kotak dialog Save As.
2.      Tentukan pengaturan penyimpanan dokumen pada kotak dialog Save As sebagai berikut:
·         Save In untuk menentukan lokasi penyimpanan file pada computer.
·         File Name untuk member nama file. Sebagai contoh berikn nama file dengan “latihan word”
·         Save As Type, untuk menentukan format penyimpanan. Sebagai contoh, klik segitiga pada Save As Type maka akan muncul menu drop-down,pilih word 97-2003 document




































BAB III
PENUTUP



A.    Kesimpulan
 Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar, label surat, membuat tabel pada dokumen. Microsoft Word 2010  merupakan program pengolah kata terbaru dari Microsoft.

B.     Saran
 Perkembangan dunia di Era Globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu computer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Microsoft Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu Microsoft Word.












DAFTAR PUSTAKA


1. Browsing internet.
2. Hernita P, dkk. Cepat Mahir Microsoft Word 2010, C.V ANDI OFFEST, Semarang 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar