Senin, 15 Februari 2016

RPP ALJABAR KELA VII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
:
SMP Negeri 2 Lewa
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas/Semester
:
VII (Tujuh)/ 1

Standar Kompetensi:  ALJABAR
2.      Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi Dasar  :  2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
Indikator                  :  2.1.1 Mengenali dan memahami bentuk aljabar
2.1.2 Mengenali dan memahami unsur-unsur aljabar
Alokasi Waktu        : 2 x 40 menit

A.      Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan :
1.      Mampu Mengenali dan memahami bentuk aljabar
2.      Mampu Mengenali dan memahami  unsur-unsur aljabar
   Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.       Materi Ajar
(Terlampir)

C.      Metode dan Model Pembelajaran
Metode: Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok
Model: CTL (Contextual Teaching And Learning)




D.      Media dan Sumber Belajar
Media:
1.      Papan tulis,
2.      LCD,
3.      LKS.
Sumber Belajar:
1.      Buku Matematika SMP kelas VII karangan Endah Budi,
2.      Buku Matematika SMP kelas VII yang relevan lainnya.

E.       Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Pembelajaran
Pengorganisasian
Metode
Waktu
Kelas
1.
Kegiatan Awal

Apersepsi :
  1. Guru memberi salam dan berdoa
  2. Guru mengecek kehadiran siswa
  3. Mengkondisikan siswa agar siap melakukan kegiatan pembelajaran, menyiapkan media dan sumber belajar

Motivasi :                         
Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengenali bentuk dan unsur-unsur aljabar
10 Menit
3 menit
2 menit
2 menit





3 menit
Klasikal



2.
Kegiatan Inti

Mengajar :
  1. Guru dan siswa bersama-sama membahas materi pembelajaran yaitu tentang  mengenal bentuk aljabar dan unsur-unsurnya. (Eksplorasi)
Contextual
  1. Guru menjelaskan dengan mengaitkan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari tentang bentuk aljabar.
Teaching
  1. Selanjutnya, pada suatu bentuk aljabar terdapat unsur-unsur aljabar, meliputi variabel, konstanta, faktor, suku sejenis, dan suku tak sejenis.
  2. Guru membagi siswa kedalam 4 kelompok yang heterogen. (Elaborasi)
5.      Guru membagikan  LKS (terlampir) kepada tiap kelompok untuk di diskusikan bersama teman kelompok. (Elaborasi)
6.      Dengan bimbingan guru, siswa menyelesaikan pertanyaan yang  yang ada dalam LKS. (Elaborasi)
  1. Guru Memantau keaktifan siswa dalam diskusi kelompok. (Elaborasi)


Learning
  1. Guru menunjuk perwakilan salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas (Konfirmasi)
  2. Kelompok yang lain memperhatikan dan diberi kesempatan untuk bertanya kepada kelompok yang presentasi. (Konfirmasi)
  3. Guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap kelompok yang presentasi terkait materi yang dipresentasikan. (Konfirmasi)
60 menit
15 menit





10 menit




5 menit




2 menit


1 menit



7 menit








10 menit









10 menit
Klasikal





Klasikal




Klasikal




















Klasikal

Ceramah





Ceramah




Diskusi




















Diskusi
3.
Kegiatan Akhir

Refleksi
Siswa menyampaikan kesulitan yang terkait dengan materi pembelajaran
Penutup
  1. Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
  2. Guru memberikan Pekerjaan Rumah
  3. Guru menyampaikan agenda pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Guru menyampaikan salam penutup
10 Menit
3 menit



2 menit


2 menit

2 menit


1 menit
Individu



Klasikal







Tanya Jawab



Penugasan

F.     Penilaian
1.      Prosedur Tes
Tes awal    : ada
Tes proses : ada
Tes akhir    : tidak ada
2.      Jenis Tes
Tes awal    : lisan
Tes proses : diskusi kelompok
Tes akhir    : tidak ada
3.      Instrument Tes
Tes awal    : Apa yang dimaksud dengan  Aljabar?
Tes proses : Lembar Kerja Siswa (LKS)
Tes akhir    : tidak ada
v  Rubrik penilaian diskusi kelompok (terlampir)

Keterangan/Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri  2  Lewa



Drs . Cornelis H. Halang
NIP: 19581129 199412 1001




Mengetahui,                                                    Bidipraing, 07 Oktober 2015
Guru Pamong                                                 Mahasiswa PPL                              



Sukirman, S.Pd                                                 Hendra Ngunju Hau        
NIP: 19930629 201001 1 016                                NPM: 2121000210019

Lampiran 1:
MATERI PELAJARAN
ALJABAR

Aljabar merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari hubungan dan penyelesaian suatu masalah dengan menggunakan huruf-huruf tertentu.
Perhatikan ilustrasi berikut:
Banyak boneka Rika 5 lebihnya dari boneka Desy. Jika banyak boneka Desy dinyatakan dengan x maka banyak boneka Rika dinyatakan dengan x + 5. Jika boneka Desy sebanyak 4 buah maka boneka Rika sebanyak 9 buah. Bentuk seperti (x + 5) disebut bentuk aljabar.
Bentuk aljabar adalah suatu bentuk matematika yang dalam penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang belum diketahui. Bentuk aljabar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang tidak diketahui seperti banyaknya bahan bakar minyak yang dibutuhkan sebuah bis dalam tiap minggu, jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu, atau banyaknya makanan ternak yang dibutuhkan dalam 3 hari, dapat dicari dengan menggunakan aljabar.Contoh bentuk aljabar yang lain seperti 2x – 3p, 4y + 5, 2x² – 3x + 7, (x + 1)(x – 5), dan –5x(x – 1)(2x + 3). Huruf-huruf x, p, dan y pada bentuk aljabar tersebut disebut variabel. Selanjutnya, pada suatu bentuk aljabar terdapat unsur-unsur aljabar, meliputi variabel, konstanta, faktor, suku sejenis, dan suku tak sejenis.Agar kalian lebih memahami mengenai unsur-unsur pada bentuk aljabar, pelajarilah uraian berikut:
1.      Variabel, Konstanta, dan Faktor
 Perhatikan bentuk aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Pada bentuk aljabar tersebut, huruf x dan y disebut variabel. Variabel adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a, b, c, . . . z. Adapun bilangan 9 pada bentuk aljabar di atas disebut konstanta. Konstanta adalah suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat variabel. Jika suatu bilangan a dapat diubah menjadi a = p X q dengan a, p, q bilangan bulat, maka p dan q disebut faktor-faktor dari a. Pada bentuk aljabar di atas, 5x dapat diuraikan sebagai 5x = 5 X x atau 5x = 1 X 5x. Jadi, faktor-faktor dari 5x adalah 1, 5, x, dan 5x. Adapun yang dimaksud koefisien adalah faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar. Perhatikan koefisien masing-masing suku pada bentuk aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Koefisien pada suku 5x adalah 5, pada suku 3y adalah 3, pada suku 8x adalah 8, dan pada suku –6y adalah –6.
2.      Suku Sejenis dan Suku Tak Sejenis
ü  Suku adalah variabel beserta koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih. Suku-suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari masing-masing variabel yang sama. Contoh: 5x dan –2x, 3a2 dan a2, y dan 4y, ...
ü  Suku tak sejenis adalah suku yang memiliki variabel dan pangkat dari masing-masing variabel yang tidak sama. Contoh: 2x dan –3x2, –y dan –x3, 5x dan –2y, ...b) Suku satu adalah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih. Contoh: 3x, 2a2, –4xy, ...
ü  Suku dua adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih. Contoh: 2x + 3, a2 – 4, 3x2 – 4x, ...
ü  Suku tiga adalah bentuk aljabar yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih. Contoh: 2x2 – x + 1, 3x + y – xy, ...
Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak.









Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA
Kelompok :
Anggota     :1……………………
                    2……………………
                    3……………………
                    4……………………
                    5…………………….

(L K S)







Baca dengan teliti soal dibawah ini lalu diskusikan bersama teman kelompok mu, kerjakan di buku tugas!
1.      Tentukan koefisien p dan banyak suku pada bentuk aljabar berikut
a.      8p + 3
b.      3p²-p-5
2.      Tentukan suku-suku sejenis pada bentuk aljabar berikut
a.       8m + 3mn + 4m – 9m²- 5mn
b.      7x²- 9x – 2x² + 8xy – 12x







JAWABAN DAN PENSEKORAN

1.      Koefisien dan banyak suku dari
a.       Koefisien p dari 8p + 3 adalah 8, banyak sukunya adalah 2 yaitu 8p dan 3.
b.      Koefisien p dari 3p² - p – 5 adalah -1,banyak sukunya ada 3 yaitu 3p² , -p , -5.
SKOR : 50
2.      Suku-suku sejenis dari bentuk aljabar
a.       Suku-suku sejenis dari 8m + 3mn +4m – 9m² - 5mn adalah 8m dan 4m, serta 3mn dan -5mn.
b.      Suku-suku sejenis pada 7x² - 9x -2x² + 8xy -12x adalah 7x² dan -2x², serta -9x dan -12x.
SKOR : 50
Nilai siswa total skor keseluruhan












Lampiran 3
TUGAS PEKERJAAN RUMAH

1.      Sederhanakan bentuk aljabar berikut 6s³ + 2s² - 3s² + s = 5
2.      Tuliskan suku-suku sejenis dari bentuk aljabar berikut
a.       4a + 5ab – 7a² - 16ab + 8a
b.      3m²n + 2mn – 7m²n² + 8mn


JAWABAN DAN PENSEKORAN
1.      6s³ + 2s² - 3s² + s = 5
6s³ + 2s² - 3s² + s – 5 = 0
6s³ - s² + s – 5 = 0
Jadi,bentuk sederhana dari 6s³ + 2s² - 3s² + s = 5 adalah 6s³ - s² + s – 5 = 0
                                                                                                SKOR : 50
2.      Suku-suku sejenis dari bentuk aljabar
a.       4a + 5ab – 7a² - 16ab + 8a adalah 4a dan 8a, serta 5ab dan -16ab
b.      3m²n + 2mn -7m²n² + 8mn adalah 2mn dan 8mn
SKOR : 50

Nilai siswa adalah total skor keseluruhan










Lampiran 4
RUBRIK PENILAIAN UNTUK UNJUK KERJA
Aspek
Skor
Kriteria Penilaian




Memberi dorongan
kepada teman
10
·    Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
6
·      Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
3
·     Tidak mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi pujian pada temanyang menyumbangkan pendapat dengan baik.
0
·     Memberikan komentar yang tidak baik kepada teman.

Keaktifan dalam
menyelesaikan
tugas
10
·      Berperan serta menyelesaikan seluruh tugas.
6
·      Berperan serta menyelesaikan lrbih dari setengah tugas
3
·                     Berperan serta menyelesaikan kurang dari setengah tugas
0
·     Tidak berperan serta menyelesakan tugas.


Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
10
·      Memberikan pendapat pada setiap pertanyaan dengan alasan yang tepat.
6
·     Memberikan pendapat sebagian besar dari seluruh pertanyaan dengan alasan yang tepat.
3
·     Memberikan pendapat sebagian kecil dari seluruh pertanyaan dengan alasan yang tepat.
0
·     Tidak memberikan pendapat dari setiap pertanyaan.






Menghargai
pendapat sesama
anggota kelompok
10
·     Sangat menghargai pendapat anggota kelompok. Selalu mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar.
6
·     Menghargai pendapat anggota kelompok.Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa  pendapatanyalah yang paling benar.


3
·     Kurang menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.
0
·     Tidak menghargai pendapat anggota kelompok. Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok, menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, memiliki pendirian bahwa pendapatanyalah yang paling benar.


Ketepatan dan
kejelasan dalam
penyampaian
pendapat
10
·     Pendapat disampaikan dengan tepat dan jelas (bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele)
6
·     Pendapat disampaikan dengan tepat tetapi tidak jelas (bahasa yang digunakan tidak tepat atau tidak jelas)
3
·     Pendapat yang disampaikan kurang tepat
0
·     Pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan permasalahan atau tidak menyampaikan pendapat



Kerjasama
10
·      Sangat baik (mau bekerjasama dengan kelompok, tidak mendominasi kerja, mau membantu teman satu kelompok)
6
·     Baik (Memenuhi 2 dari 3 kriteria diatas)
3
·     Cukup (Memenuhi 1 dari 3 kriteria diatas)
0
·     Kurang (Tidak mau bekerjasama, mendominasi kerja, tidak mau membantu teman satu kelompok)


LAPORAN PENILAIAN UNJUK KERJA

Nama Siswa: ……………………………………………..
Aspek yang dinilai
Bobot
Skor
Bobot x Skor
1.   Memberi dorongan kepada teman
10


2.   Keaktifan dalam menyelesaikan tugas
25


3.   Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
25


4.   Menghargai pendapat sesama anggota kelompok
15


5.   Ketepatan dan kejelasan dalam penyampaian pendapat
15


6.   Kerjasama
10


Total
100




Nilai Unjuk Kerja = 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar