RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Lewa
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII (Tujuh)/ 1
|
Standar Kompetensi: ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi Dasar :
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
Indikator : 2.1.1 Mengenali dan memahami bentuk aljabar
2.1.2 Mengenali dan memahami
unsur-unsur aljabar
Alokasi
Waktu : 2
x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
diharapkan :
1.
Mampu Mengenali dan memahami bentuk aljabar
2.
Mampu Mengenali dan memahami unsur-unsur
aljabar
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (
Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
(Terlampir)
C.
Metode dan Model Pembelajaran
Metode:
Ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok
Model:
CTL (Contextual Teaching And Learning)
D.
Media dan Sumber Belajar
Media:
1.
Papan tulis,
2.
LCD,
3.
LKS.
Sumber Belajar:
1. Buku Matematika SMP kelas VII karangan Endah Budi,
2. Buku Matematika SMP kelas VII yang relevan lainnya.
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Pengorganisasian
|
Metode
|
|
Waktu
|
Kelas
|
|||
1.
|
Kegiatan Awal
|
|||
|
Apersepsi :
Motivasi :
Guru memberikan motivasi tentang pentingnya mengenali bentuk dan
unsur-unsur aljabar
|
10 Menit
3 menit
2 menit
2 menit
3 menit
|
Klasikal
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
|
Mengajar :
Contextual
Teaching
5.
Guru membagikan LKS (terlampir) kepada tiap kelompok untuk
di diskusikan bersama teman kelompok.
(Elaborasi)
6.
Dengan bimbingan guru, siswa
menyelesaikan pertanyaan yang yang ada
dalam LKS. (Elaborasi)
Learning
|
60 menit
15 menit
10 menit
5 menit
2 menit
1 menit
7 menit
10 menit
10 menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Ceramah
Ceramah
Diskusi
Diskusi
|
3.
|
Kegiatan Akhir
|
|||
|
Refleksi
Siswa menyampaikan kesulitan
yang terkait dengan materi pembelajaran
Penutup
Guru menyampaikan salam penutup
|
10 Menit
3 menit
2 menit
2 menit
2 menit
1 menit
|
Individu
Klasikal
|
Tanya Jawab
Penugasan
|
F. Penilaian
1.
Prosedur
Tes
Tes awal :
ada
Tes proses :
ada
Tes akhir :
tidak ada
2.
Jenis Tes
Tes awal : lisan
Tes proses : diskusi kelompok
Tes akhir : tidak ada
3.
Instrument Tes
Tes awal : Apa yang dimaksud dengan
Aljabar?
Tes proses : Lembar Kerja Siswa (LKS)
Tes akhir : tidak ada
v Rubrik penilaian diskusi kelompok (terlampir)
Keterangan/Catatan Kepala Sekolah
............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 2 Lewa
Drs
. Cornelis H. Halang
NIP: 19581129 199412 1001
Mengetahui, Bidipraing, 07 Oktober 2015
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Sukirman, S.Pd Hendra Ngunju Hau
NIP: 19930629 201001 1 016
NPM: 2121000210019
Lampiran 1:
MATERI
PELAJARAN
ALJABAR
Aljabar
merupakan cabang ilmu matematika yang mempelajari hubungan dan penyelesaian
suatu masalah dengan menggunakan huruf-huruf tertentu.
Perhatikan ilustrasi berikut:
Banyak boneka Rika 5 lebihnya
dari boneka Desy. Jika banyak boneka Desy dinyatakan dengan x maka banyak
boneka Rika dinyatakan dengan x + 5. Jika boneka Desy sebanyak 4 buah maka
boneka Rika sebanyak 9 buah. Bentuk seperti (x + 5) disebut bentuk aljabar.
Bentuk aljabar adalah suatu bentuk
matematika yang dalam penyajiannya memuat huruf-huruf untuk mewakili bilangan
yang belum diketahui. Bentuk aljabar dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan
masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang tidak diketahui seperti
banyaknya bahan bakar minyak yang dibutuhkan sebuah bis dalam tiap minggu,
jarak yang ditempuh dalam waktu tertentu, atau banyaknya makanan ternak yang
dibutuhkan dalam 3 hari, dapat dicari dengan menggunakan aljabar.Contoh bentuk
aljabar yang lain seperti 2x – 3p, 4y + 5, 2x² – 3x + 7, (x + 1)(x – 5), dan
–5x(x – 1)(2x + 3). Huruf-huruf x, p, dan y pada bentuk aljabar tersebut
disebut variabel. Selanjutnya, pada suatu bentuk aljabar terdapat unsur-unsur
aljabar, meliputi variabel, konstanta, faktor, suku sejenis, dan suku tak
sejenis.Agar kalian lebih memahami mengenai
unsur-unsur pada bentuk aljabar, pelajarilah uraian berikut:
1. Variabel, Konstanta, dan Faktor
Perhatikan bentuk aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Pada bentuk aljabar
tersebut, huruf x dan y disebut variabel. Variabel adalah lambang pengganti
suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut
juga peubah. Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil a, b, c, . . . z.
Adapun bilangan 9 pada bentuk aljabar di atas disebut konstanta. Konstanta
adalah suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan tidak memuat
variabel. Jika suatu bilangan a dapat diubah menjadi a = p X q dengan a, p, q
bilangan bulat, maka p dan q disebut faktor-faktor dari a. Pada bentuk aljabar di atas, 5x dapat diuraikan
sebagai 5x = 5 X x atau 5x = 1 X 5x. Jadi, faktor-faktor dari 5x adalah 1, 5,
x, dan 5x. Adapun yang dimaksud koefisien adalah faktor konstanta dari suatu
suku pada bentuk aljabar. Perhatikan koefisien masing-masing suku pada bentuk
aljabar 5x + 3y + 8x – 6y + 9. Koefisien pada suku 5x adalah 5, pada suku 3y
adalah 3, pada suku 8x adalah 8, dan pada suku –6y adalah –6.
2. Suku Sejenis dan Suku Tak Sejenis
ü Suku adalah variabel beserta
koefisiennya atau konstanta pada bentuk aljabar yang dipisahkan oleh operasi
jumlah atau selisih. Suku-suku sejenis adalah suku yang memiliki variabel
dan pangkat dari masing-masing variabel yang sama. Contoh: 5x dan –2x, 3a2
dan a2, y dan 4y, ...
ü Suku tak sejenis adalah suku yang
memiliki variabel dan pangkat dari masing-masing variabel yang tidak sama.
Contoh: 2x dan –3x2, –y dan –x3, 5x dan –2y, ...b) Suku satu
adalah bentuk aljabar yang tidak dihubungkan oleh operasi jumlah atau selisih.
Contoh: 3x, 2a2, –4xy, ...
ü Suku dua adalah bentuk aljabar
yang dihubungkan oleh satu operasi jumlah atau selisih. Contoh: 2x + 3, a2
– 4, 3x2 – 4x, ...
ü Suku tiga adalah bentuk aljabar
yang dihubungkan oleh dua operasi jumlah atau selisih. Contoh: 2x2 –
x + 1, 3x + y – xy, ...
Bentuk aljabar yang mempunyai lebih dari dua suku disebut suku banyak.
Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA
Kelompok
:
Anggota :1……………………
2……………………
3……………………
4……………………
5…………………….
|
Baca dengan
teliti soal dibawah ini lalu diskusikan bersama teman kelompok mu, kerjakan di
buku tugas!
1. Tentukan koefisien p dan banyak suku pada bentuk aljabar berikut
a.
8p + 3
b.
3p²-p-5
2. Tentukan suku-suku sejenis pada bentuk aljabar berikut
a. 8m + 3mn + 4m – 9m²- 5mn
b. 7x²- 9x – 2x² + 8xy – 12x
JAWABAN DAN PENSEKORAN
1. Koefisien dan banyak suku dari
a. Koefisien p dari 8p + 3 adalah 8,
banyak sukunya adalah 2 yaitu 8p dan 3.
b. Koefisien p dari 3p² - p – 5 adalah
-1,banyak sukunya ada 3 yaitu 3p² , -p , -5.
SKOR : 50
2. Suku-suku sejenis dari bentuk aljabar
a. Suku-suku sejenis dari 8m + 3mn +4m
– 9m² - 5mn adalah 8m dan 4m, serta 3mn dan -5mn.
b. Suku-suku sejenis pada 7x² - 9x -2x²
+ 8xy -12x adalah 7x² dan -2x², serta -9x dan -12x.
SKOR : 50
Nilai siswa total skor
keseluruhan
Lampiran
3
TUGAS PEKERJAAN RUMAH
1.
Sederhanakan bentuk aljabar
berikut 6s³ + 2s² - 3s² + s = 5
2. Tuliskan suku-suku sejenis dari
bentuk aljabar berikut
a. 4a + 5ab – 7a² - 16ab + 8a
b. 3m²n + 2mn – 7m²n² + 8mn
JAWABAN DAN PENSEKORAN
1.
6s³ + 2s² - 3s² + s = 5
6s³ + 2s² - 3s² + s – 5 = 0
6s³ - s² + s – 5 = 0
Jadi,bentuk sederhana dari 6s³ + 2s² -
3s² + s = 5 adalah 6s³ - s² + s – 5 = 0
SKOR
: 50
2. Suku-suku sejenis dari bentuk aljabar
a. 4a + 5ab – 7a² - 16ab + 8a adalah 4a
dan 8a, serta 5ab dan
-16ab
b. 3m²n + 2mn -7m²n² + 8mn adalah 2mn
dan 8mn
SKOR
: 50
Nilai siswa adalah
total skor keseluruhan
Lampiran 4
RUBRIK
PENILAIAN UNTUK UNJUK KERJA
Aspek
|
Skor
|
Kriteria
Penilaian
|
Memberi
dorongan
kepada teman
|
10
|
· Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, memberi pujian pada
teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
|
6
|
· Mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak memberi
pujian pada teman yang menyumbangkan pendapat dengan baik.
|
|
3
|
· Tidak mengajak teman untuk ikut serta dalam diskusi, dan tidak
memberi pujian pada temanyang menyumbangkan pendapat dengan baik.
|
|
0
|
· Memberikan komentar yang tidak baik kepada teman.
|
|
Keaktifan
dalam
menyelesaikan
tugas
|
10
|
· Berperan serta menyelesaikan seluruh tugas.
|
6
|
· Berperan serta menyelesaikan lrbih dari setengah tugas
|
|
3
|
·
Berperan serta menyelesaikan kurang
dari setengah tugas
|
|
0
|
· Tidak berperan serta menyelesakan tugas.
|
|
Keaktifan dalam menyampaikan pendapat
|
10
|
· Memberikan pendapat pada setiap pertanyaan dengan alasan yang
tepat.
|
6
|
· Memberikan pendapat sebagian besar dari seluruh pertanyaan
dengan alasan yang tepat.
|
|
3
|
· Memberikan pendapat sebagian kecil dari seluruh pertanyaan
dengan alasan yang tepat.
|
|
0
|
· Tidak memberikan pendapat dari setiap pertanyaan.
|
|
Menghargai
pendapat
sesama
anggota kelompok
|
10
|
·
Sangat menghargai pendapat anggota kelompok.
Selalu mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam
kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki
pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar.
|
6
|
· Menghargai pendapat anggota
kelompok.Tidak mempertimbangkan usulan yang
disampaikan teman dalam kelompok, tidak menyalahkan pendapat teman dalam
kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa
pendapatanyalah yang paling benar.
|
|
|
3
|
·
Kurang menghargai pendapat anggota kelompok.
Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok,
menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, tidak memiliki pendirian bahwa
pendapatanyalah yang paling benar.
|
0
|
·
Tidak menghargai pendapat anggota kelompok.
Tidak mempertimbangkan usulan yang disampaikan teman dalam kelompok,
menyalahkan pendapat teman dalam kelompok, memiliki pendirian bahwa
pendapatanyalah yang paling benar.
|
|
Ketepatan
dan
kejelasan
dalam
penyampaian
pendapat
|
10
|
· Pendapat disampaikan dengan tepat dan jelas (bahasa yang digunakan
mudah dipahami dan tidak bertele-tele)
|
6
|
· Pendapat disampaikan dengan tepat tetapi tidak jelas (bahasa yang
digunakan tidak tepat atau tidak jelas)
|
|
3
|
·
Pendapat yang disampaikan
kurang tepat
|
|
0
|
· Pendapat yang disampaikan tidak sesuai dengan permasalahan atau tidak
menyampaikan pendapat
|
|
Kerjasama
|
10
|
· Sangat baik (mau bekerjasama dengan kelompok, tidak mendominasi
kerja, mau membantu teman satu kelompok)
|
6
|
· Baik (Memenuhi 2 dari 3 kriteria diatas)
|
|
3
|
· Cukup (Memenuhi 1 dari 3 kriteria diatas)
|
|
0
|
· Kurang (Tidak mau bekerjasama, mendominasi kerja, tidak mau
membantu teman satu kelompok)
|
LAPORAN PENILAIAN UNJUK KERJA
Nama Siswa: ……………………………………………..
Aspek yang dinilai
|
Bobot
|
Skor
|
Bobot x Skor
|
1.
Memberi dorongan kepada teman
|
10
|
|
|
2.
Keaktifan dalam menyelesaikan
tugas
|
25
|
|
|
3.
Keaktifan dalam menyampaikan
pendapat
|
25
|
|
|
4.
Menghargai pendapat sesama
anggota kelompok
|
15
|
|
|
5.
Ketepatan dan kejelasan dalam
penyampaian pendapat
|
15
|
|
|
6.
Kerjasama
|
10
|
|
|
Total
|
100
|
|
|
Nilai Unjuk Kerja =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar